google adsense

Pages

Senin, 17 Mei 2010

REHIDRASI TEPAT, BANTU CEGAH KEMATIAN AKIBAT DBD

Rehidrasi Tepat, Bantu Cegah Kematian Akibat DBD

Demam Berdarah Dengue atau DBD merupakan demam dengue dengan derajat yang lebih berat. Perbedaan yg paling utama adalah pada demam dengue tidak ditemukan manifestasi perdarahan pada penderita.

Gejala demam dengue pada anak-anak biasanya tidak terlalu berat, tetapi pada kebanyakan orang dewasa terdapat gejala yang agak berat seperti nyeri tulang/ngilu, dan pada fase pemulihan dapat disertai fatiq dan depresi.

Demam berdarah dengue banyak terjangkit di daerah tropis dan subtropis di seluruh belahan dunia. Asia menempati urutan pertama dalam jumlah penderita demam dengue tiap tahun. Hal ini mungkin disebabkan oleh karena curah hujan di Asia yg sangat tinggi terutama di Asia Timur dan selatan ditambah dengan sanitasi lingkungan yg tidak bagus. Jumlah penderitanya tiap tahun meningkat dan hampir 95 % menyerang anak di bawah usia 15 tahun.

Dilansir dari situs http://www.blogdokter.net/2008/06/27/demam-berdarah-dengue/, Who memperkirakan lebih dari 500.000 dari 50 juta kasus demam berdarah dengue memerlukan perawatan di rumah sakit dan lebih dari 40% penduduk dunia hidup di daerah endemis demam dengue.

Gejala dari penyakit ini adalah timbulnya demam yg akut, selama 2 hingga 7 hari dengan 2 atau lebih gejala-gejala berikut: nyeri kepala, nyeri pada mata, nyeri otot, nyeri persendian, bintik-bintik pada kulit sebagai manifestasi perdarahan dan penurunan leokosit.

0 komentar:

Posting Komentar

klik aja deh