google adsense

Pages

Minggu, 06 Juni 2010

DI BALIK KELEZATAN SEMANGKUK SUP

Orang Yahudi kuno mengatakan, sup ayam mampu memerangi penyakit, mengurangi demam dan melawan flu. Bahkan sup ayam dijuluki "penisilin Yahudi" karena manfaatnya. Sup panas tidak hanya sup ayam dapat memudahkan pengeluaran lendir sehingga mampu mencegah penetrasi virus dalam tubuh.

Menyantap sup dapat memacu pengeluaran keringat sehingga menurunkan suhu badan. Sup juga dapat memberikan rasa hangat dan nyaman pada tenggorokan yang meradang. Selain itu menghirup uap panas pada sup dapat membantu melancarkan pernapasan.

Kuah melimpah dalam sup juga merupakan cairan yang sehat karena kaya mineral potasium. Sup juga membantu meningkatkan nafsu makan saat kondisi badan kurang fit karena mudah ditelan. Akan lebih baik jika menambahkan banyak sayuran dan biji-bijian di dalam sup untuk menambah kandungan gizi.

Ada banyak ragam sup. Namun secara garis besar, sup dapat terbagi menjadi sup bening dan sup kental. Sup encer atau bening biasanya disajikan dalam mangkuk consumme yang kecil dan memiliki pegangan di kedua sisinya. Sup ini dapat disantap dengan sendok atau dihirup langsung dari wadahnya.

Sedangkan sup yang lebih kental atau cream soup, biasanya disajikan dalam piring sup yang lebih besar dibandingkan consumme. Bila sup dihidangkan bersama biskuit dan roti, makanlah secara terpisah. Sebaiknya jangan mencampurkan sup dengan roti atau biskuit untuk menjaga citarasa.

Sup tertentu juga bisa membantu penyembuhan beberapa gangguan kesehatan. Jika tingkat kolesterol tinggi, santaplah sup susu kedelai. Jika ingin menurunkan berat badan, sup jamur yang rendah lemak dan kalori namun kaya bumbu rempah bisa menjadi jawabannya.Bagi penderita hipertensi atau tekanan darah tinggi, santaplah sup tomat dengan sedikit atau tanpa garam.

Tak hanya di Eropa, sup pun populer di Asia. Berikut ini merupakan aneka sup di beberapa negara Asia. Di antaranya adalah sup Kiam Chye(Singapura), Sup Tom Yam (Thailand) Sup Joan Lo(Korea), Sup Miso (Jepang), Sup Kimlo (Cina), Sup Canh Trung Catrua (Vietnam), Sup Hingyo (Myanmar), dan sup Mulligatawny (Srilanka).

Bagi pecinta sup dengan citarasa lokal, sup buntut atau sup ikan gurame asam pedas merupakan pilihan pas. Pilihan lainnya adalah sup kepala ikan Pallumara khas Makasar yang mampu membuat anda berseru: Mak Nyuss!!??
Ingin membaca artikel tentang kesehatan lainnya kirim transfer anda ke rekening BCA dengan no 5540276601

0 komentar:

Posting Komentar

klik aja deh